Teknologi Analisa Kebiasaan Penonton Olahraga
Olahraga, Teknologi
15 December 2020
Dihadapkan pada kondisi COVID-19 dan stadion yang nyaris kosong, kini banyak tim olahraga kebingungan untuk mengetahui kebiasaan penonton yang hadir di stadion. Padahal data ini penting mengingat salah satu pendapatan paling besar tim olahraga adalah sponsor iklan di stadion. Di satu sisi, sponsor hanya bisa diyakinkan dengan data penonton tim dapat berguna sebagai sarana promosi.
Untuk menjawab tantangan ini, market research harus dapat mengembangkan analisa datanya ke channel yang lain. Dalam situasi seperti ini, data penonton dan pecinta olahraga kini didapatkan melalui internet dan TV. Data real time ini mulai menjadi favorit bagi platform riset marketing, sehingga brand mengetahui kebiasaan penonton yang paling update, salah satunya kebiasaan interaksi belanja online atau platform apa aja yang dipakai penonton untuk menonton olahraga.
Diharapkan kehadiran platform riset dan data marketing ini dapat membantu brand dan juga tim olahraga untuk meneliti kebiasaan penggemar mereka dan tetap bisa bertahan di tengah kondisi pandemi ini secara bisnis.